Manfaat Memiliki Kemampuan Desain Grafis bagi Mahasiswa

desain grafis

desain grafis

Sebagai seorang mahasiswa, Kamu tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan akademik yang baik. Namun, Kamu juga wajib memiliki keahlian penunjang, misalnya desain grafis. Manfaat memiliki kemampuan desain grafis bagi mahasiswa ada banyak jumlahnya.

Desain grafis adalah seni komunikasi visual yang mengkombinasikan ilustrasi, gambar, kata, grafik, dan angka untuk menciptakan suatu pesan. Dalam mengolah komponen tersebut, Kamu perlu mempertimbangkan prinsip proporsi, keseimbangan, tekanan, kesatuan, dan ritme.

juga cek di https://www.uma.ac.id/ Universitas Digital di Medan. 

Selain bahasa Inggris, desain grafis merupakan keahlian penunjang yang wajib dimiliki oleh mahasiswa. Keahlian tersebut sangat berguna di dalam maupun di luar kampus. Apa saja manfaat yang diperoleh mahasiswa dengan menguasai desain grafis?

  1. Menunjang Pengerjaan Tugas Kuliah

Keahlian desain grafis yang Kamu miliki dapat menunjang pengerjaan tugas kuliahmu. Terkadang, para dosen akan menyuruh mahasiswanya untuk membuat poster atau tugas lainnya yang berkaitan dengan multimedia.

Dengan menggunakan keahlian desain grafis yang dimiliki, tugas kuliah membuat poster akan dapat diselesaikan dengan cepat dan hasilnya juga memuaskan. Sehingga, Kamu akan memperoleh nilai yang baik untuk tugas tersebut

Ditambah lagi, para dosen pasti sering meminta mahasiswa untuk melakukan presentasi. Jika Kamu memanfaatkan keahlian desain grafis dalam membuat power point, Kamu pasti akan menampilkan presentasi yang baik dan sukses menarik perhatian dosen dan mahasiswa.

  1. Membantumu Memperoleh Penghasilan

Apabila  seorang mahasiswa menguasai desain grafis, ia dapat memiliki peluang untuk menambah penghasilan selama kuliah. Keahlian tersebut dapat kamu manfaatkan untuk memperoleh pekerjaan part time di percetakan atau kedai digital.

Dengan demikian, Kamu dapat memiliki uang jajan lebih untuk bersenang-senang atau untuk menunjang kuliahmu. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan kemampuan desain grafis sebagai modal untuk menjadi entrepreneur.

Keahlian tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat stiker, mug, dan pernak-pernik menarik yang nantinya dapat Kamu jual kepada konsumen. Dari rintisan usaha kecil ini, Kamu dapat mengembangkannya menjadi usaha yang lebih besar dan menguntungkan.

  1. Membuat CV-mu Semakin Berbobot

Saat lulus nanti, Kamu perlu membuat CV-mu semakin berbobot agar diterima bekerja pada perusahaan yang dilamar. Salah satu cara untuk membuatnya berbobot adalah dengan mencantumkan keahlian desain grafis pada CV tersebut.

Keahlian desain grafis merupakan sebuah kemampuan yang sering dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan mencantumkannya, CV milikmu akan menarik perhatian HRD. Sehingga, pihak perusahaan akan benar-benar mempertimbangkan lamaranmu.

  1. Membuat Akun Media Sosialmu Semakin Menarik

Secara personal, keahlian desain grafis dapat membuat akun media sosialmu semakin menarik. Hal ini tentu dapat dicapai jika Kamu menggunakan keahlian tersebut untuk memperindah akun tersebut.

Dengan memiliki akun media sosial yang menarik, Kamu akan memiliki followers dan likes yang lebih banyak. Sehingga, Kamu dapat memanfaatkannya untuk berbisnis dan mendapatkan penghasilan tambahan.

  1. Menunjang Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk Kamu yang menjadi anggota UKM, keahlian desain grafis yang telah dikuasai dapat membantu kemajuan UKM yang diikuti. Dengan keahlian ini, Kamu dapat membuat poster atau banner keren untuk mempromosikan kegiatan UKM yang akan diselenggarakan.

Dengan poster dan banner keren ini, mahasiswa di kampusmu maupun khalayak umum pasti akan tertarik untuk membaca informasi yang terlampir. Sehingga, kegiatan yang diselenggarakan UKM ini akan memperoleh semakin banyak peserta.

  1. Membantu Mengekspresikan Diri

Menjalani kehidupan sebagai mahasiswa terkadang tidak mudah karena banyaknya tugas, sulitnya skripsi, dan tuntutan orangtua untuk cepat lulus dengan nilai memuaskan. Sehingga, Kamu perlu mengekspresikan diri melalui suatu media.

Salah satu media yang cukup ampuh untuk mengekspresikan diri adalah seni desain grafis. Dengan kemampuan ini, Kamu dapat menyalurkan apa yang sedang dirasakan saat itu melalui gambar, kata, dan grafis. Jadi, tekanan yang Kamu rasakan dapat sedikit berkurang.

  1. Memungkinkan Dirimu untuk Berprestasi di Luar Kampus

Terkadang, Kamu akan menemui kompetisi yang membutuhkan keahlian desain grafis, misalnya kompetisi membuat logo perusahaan. Jika menguasai kemampuan tersebut, Kamu akan dapat mengikutinya. Sehingga, Kamu memiliki kesempatan untuk meraih prestasi di luar kampus.

Kini setelah Kamu tahu tentang manfaat memiliki kemampuan desain grafis bagi mahasiswa, Kamu tak perlu menunda waktu lagi untuk mempelajarinya. Keahlian ini dapat dipelajari dengan bantuan profesional atau dipelajari sendiri secara otodidak. Bisa juga cek di https://www.uma.ac.id/ Universitas Digital di Medan .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *